Budidaya Tanaman

Kegiatan budidaya tanaman yang dikembangkan oleh UPT Agrotechnopark sebagian sebagai tanaman koleksi maupun tanaman produksi yang secara garis besar ada tiga kelompok yaitu tanaman pangan, tanaman hortikultura dan tanaman obat. Dalam budidaya tanaman pangan, UPT Agrotechnopark masih mengutamakan pada tanaman padi, sebagai upaya mendukung pemenuhan kebutuhan benih dan konsumsi. Pengembangan tanaman padi untuk benih selama ini bekerja sama dengan penangkar benih padi yang ada di Jember, sedang untuk padi konsumsi kegiatan sepenuhnya dikelola oleh UPT Agrotechnopark.

Tanaman hortikultura yang dikembangkan di UPT Agrotechnopark meliputi tanaman buah, tanaman sayur dan tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman buah yang dimiliki diantaranya buah naga, jeruk, srikaya jumbo, sirsak dan jambu. Anggrek merupakan tanaman hias yang menjadi fokus pengembangan di UPT Agrotechnopark. Selain kegiatan adaptasi berbagai jenis tanaman anggrek, saat ini juga telah dirintis perbanyakan tanaman anggrek secara in vitro menggunakan bahan tanam benih yang merupakan hasil persilangan dari koleksi yang dimiliki oleh UPT Agrotechnopark.

Sebagai upaya meningkatkan peran utamanya, UPT Agrotechnopark selalu berusaha memberikan layanan prima untuk semua sesuai dengan motto yang telah ditetapkan. Berkaitan dengan hal tersebut UPT Agrotechnopark berusaha memperluas jangkauan layanan internalnya khususnya untuk menunjang pembelajaran bidang ilmu kesehatan berupa pengembangan taman tanaman obat. Berbagai jenis tanaman yang diindikasikan berkhasiat obat dibudidayakan dalam suatu taman yang asri sehingga selain memiliki nilai ilmu pengetahuan juga mengandung nilai estetika yang bernama Wahana Edukasi Tanaman Obat (WETO).

WETO dilengkapi dengan sarana penunjang pembelajaran lain seperti bangunan tematik rimpang kunyit yang didalamnya berisi berbagai informasi tentang pemanfaatan tanaman obat. Informasi disajikan secara unik yang diharapkan dapat memenuhi keinginan berbagai pihak mulai dari anak usia dini hingga orang dewasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *