Kebun Agrotechnopark Jubung

Kebun Agrotechnopark Jubung memiliki luasan 14 ha, selain dimanfaatkan sebagai aktifitas budidaya tanaman untuk kepentingan tridharma juga telah dibangun Wahana Edukasi Tanaman Obat (WETO).

Wahana Edukasi Tanaman Obat (WETO) Universitas Jember dirancang untuk menampilkan sarana wisata yang berbasis edukasi dari anak – anak usia dini sampai masyarakat umum. Wahana ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang segala aspek tanaman obat dengan tetap memperhatikan keserasian dan kelestarian lingkungan kebun. Wahana ini selain menjadi sarana wisata dan edukasi untuk masyarakat, juga sebagai sarana yang mendukung penelitian dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Jember. Wahana ini terdiri dari kebun tanaman obat, gedung rimpang sebagai display pemanfaatan tanaman obat dan green house sebagai etalase tanaman obat dan tanaman hias (anggrek) yang diharapkan dapat menjadi wahana edukasi di wilayah Jember dan sekitarnya yang memiliki keunikan tersendiri.

Wahana Edukasi Tanaman Obat ini diharapkan dapat menjadi aset strategis Universitas Jember yang tidak hanya bermanfaat bagi warga kampus tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah, yakni :

  1. Menjadi sarana penunjang kegiatan tridarma terpadu bagi civitas academica Universitas Jember dan perguruan tinggi lainnya.
  2. Menjadi wahana pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang diharapkan dapat selalu memberikan informasi ilmu pengetahuan dan tekonologi yang up-to-date dan dinamis
  3. Membantu pemerintah di bidang pengembangan agrowisata yang berbasis pendidikandan pertanian indutrial, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian wilayah yang diharapkan dapat menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *