PTPN X Concern dalam Pengembangan Kebun Agrotechnopark Jubung

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Universitas Jember dengan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang telah ditandatangani antara Rektor Universitas Jember dengan Direktur Utama PTPN X pada 22 Maret 2017 lalu, Selasa 22 Mei 2017 pukul 10.00 WIB di Wahana Edukasi Tanaman Obat, Kebun Agrotechnopark Jubung diadakan pertemuan dari tim PTPN X dengan tim UPT Agrotechnopark. Dari tim PTPN X dipimpin oleh Direktur Utama PTPN X , Dwi Satriyo Annurogo sedangkan dari UPT Agrotechnopark, Usmadi membahas tentang landscape Kebun Agrotechnopark Jubung dan kemungkinan PTPN X ikut berperan serta dalam pengembangan Agrotechnopark tersebut untuk penelitian dan pengembangan tembakau dan tebu serta produk turunannya.

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan bahwa dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan muncul inovasi baru terutama di bidang pertanian dan perkebunan terutama di Kota Jember. Pihak PTPN X sangat concern terhadap pendidikan, terlebih beberapa unit dan anak usaha PTPN X juga banyak terdapat di Jember.

Sementara itu, Komisaris Utama PTPN X, Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.S. sebagai inisiator pertemuan menambahkan bahwa PTPN X juga bermaksud turut berpartisipasi dalam pengembangan kawasan Kebun Agrotechnopark Jubung. “Kami ingin membangun window shoping atau diorama yang menjelaskan proses pertanian modern, misalnya proses penanaman tembakau dan tebu hingga diproses menjadi produk turunannya. Diharapkan, siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah dapat memahami dan menumbuh kembangkan minat generasi muda untuk  menggeluti dunia pertanian. “Tidak hanya PTPN X, nanti saya juga akan mengajak PTPN XI dan PTPN XII untuk turut serta mengembangkan Agrotechnopark,” imbuh pria yang juga guru besar sosial ekonomi pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Jember ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Agrotechnopark Universitas Jember, Usmadi, mengharapkan melalui kerja sama ini PTPN X dapat mendukung Kebun Agrotechnopark Jubung dalam display tentang penelitian dan pengembangan tembakau dan tebu termasuk produk turunannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *