KEHADIRAN SISWA – SISWI PAUD HINGGA SEKOLAH DASAR MEWARNAI AWAL TAHUN 2020 DI UPT AGROTECHNOPARK

Awal tahun 2020 pesona hijau Agrotechnopark masih menarik perhatian siswa – siswi dari SD Darus Sholah Tegal Besar Jember, PAUD Puspa Hati Jember dan MI Ar – Roudhoh Baratan Jember. Kedatangan para siswa ingin mengenal dan mempelajari tanaman secara langsung, tidak hanya membaca dari buku saja. Keanekaragaman tanaman yang ada sesuai dengan kurikulum tematik tentang tanaman disekolah menjadi alasan tersendiri mengapa sekolah memilih UPT Agrotechnopark sebagai lokasi kegiatan. Siswa – siswi mengamati jenis dan kegunaan tanaman secara langsung serta menggunakan kesempatan ini untuk berdiskusi dengan pemandu.

Selain belajar mengenal tanaman, siswa – siswa juga diajak melihat unit pengolahan limbah organik yang masih berada di area Kebun Agrotechnopark. Di unit ini para siswa dijelaskan bagaimana dari sampah daun dan rumput kering diubah menjadi pupuk organik. Rasa penasaran para siswa sudah terjawab ketika melihat langsung proses pengolahannya. Para siswa yang awalnya berpikiran pupuk hanya berasal dari kotoran hewan, ternyata bisa dari limbah tumbuhan juga.

 

Layanan Prima untuk Semua

Setelah mengelilingi kebun Agrotechnopark, para siswa diajak ke bagian pembibitan tanaman. Disini para siswa diberi tahu tentang perbanyakan tanaman secara vegetatif menggunakan stek batang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara keliling kebun tadi. Kenapa bisa begitu? Karena sebagian besar tanaman kebun yang asri dan hijau ini berasal dari perbanyakan tanaman menggunakan stek batang. Dimulai dari mencampur media tanam dari tanah, sekam dan pupuk kemudian menyiapkan batang tanaman yang akan diperbanyak dan yang terakhir menanam di media tanam serta memeliharanya hingga menjadi tanaman baru yang sempurna seperti induknya. Selesaaaiii..

Kami tunggu kedatangan kalian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu