Praktikum PTP Faperta di Agrotechnopark Jubung, Bekali Mahasiswa Ilmu Budidaya Padi

DSC09895 - Copy

Jember, 8 April 2016

Kegembiraan dan keseriusan tampak pada wajah para praktikan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian saat melaksanakan praktikum Pengolahan tanah secara mekanik. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari serangkaian kegiatan praktikum yang berlangsung di UPT Agrotechnopark Universitas Jember.

Praktikum yang dilakukan berturut turut selama tiga tahun di Kebun Agrotechnopark Jubung ini,  bertujuan mengenalkan cara budidaya padi, mulai dari persiapan, akhir pembenihan, penyemaian benih, pengolahan lahan serta yang terakhir panen. Sekitar 450 mahasiswa melaksanakan praktikum Pengantar Teknologi Pertanian, dilakukan  selama kurang lebih 2 bulan, Maret sampai dengan april dan di bagi menjadi beberapa kelompok.

Rahmat, asisten dosen angkatan tahun 2011 mengatakan “semua mahasiswa baik laki- laki maupun perempuan diharuskan turun ke lapangan, menggunakan langsung alat alat yang digunakan untuk budidaya, baik traktor maupun alat alat lain yang berkaitan dengan budidaya padi”.

Ditambahkannya menanam padi mungkin sudah umum bagi sebagian orang, tapi kebanyakan orang hanya mengerti teori dan belum bisa mengaplikasikan langsung. Di praktikum PTP ini, mahasiswa selain belajar teori budidaya padi, mereka juga bisa turun langsung praktek di sawah sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa.

2 Comments

  1. kaa.io

    truly fine snapshot!

    Reply
  2. custom writing services

    Adding rice can be common to some people, but most people only understand the theory and can not apply it directly.

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *