Peraih Nobel Kedokteran Prof. Harald zur Hausen Kagumi UPT Agrotechnopark

DSC02933

Kehadiran peraih Nobel Kedokteran Prof. Harald zur Hausen di UPT Agrotechnopark Universitas Jember pada hari selasa, 8 Agustus 2017 tidak diduga – duga. Pasalnya beliau menjadi pembicara utama dalam The 2nd International Conference on Life Science and Biotechnology (ICOLIB) 2017, yang diadakan oleh Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Rupanya beliau dan sang istri penasaran dengan koleksi tanaman buah naga yang berada di UPT Agrotechnopark Universitas Jember.

DSC02934

Panas terik matahari tidak mengurangi rasa penasaran terhadap tanaman buah naga bagi penemu Human Papilloma Virus (HPV) 16 dan HPV 18 yang menjadi virus penyebab kanker leher rahim (cerviks) ini. Beliau menanyakan rasa, warna dan bagaimana buah naga ini tumbuh dan berkembang. Tidak hanya itu saja, beliau beserta istri juga tertarik dengan tanaman sawo dan juga jeruk bali. Mereka baru melihat buah sawo untuk pertama kalinya di UPT Agrotechnopark Universitas Jember. Sayangnya, buah sawo masih belum siap dikonsumsi jadi mereka berdua masih penasaran bagaimana rasanya.

DSC02942

Kecantikan koleksi bunga anggrek yang dimiliki UPT Agrotechnopark Universitas Jember juga membuat Pakar Kanker dari Universitas Heidelberg, Jerman ini berdecak kagum. Beliau memuji keuletan para petugas kebun dalam merawat semua Anggrek yang ada di greenhouse UPT Agrotechnopark Universitas Jember, mulai dari Anggrek dendrobium, Anggrek bulan, Anggrek Catleya dan Anggrek Vanda. Dengan kedatangan Prof. Harald zur Hausen, Kepala UPT Agrotechnopark, Ir. Usmadi, M.P.berharap bisa menarik minat kedatangan orang luar negri lainnya. Tidak hanya wisatawan biasa tetapi pakar – pakar kedokteran lainnya bisa berkunjung ke UPT Agrotechnopark Universitas Jember.

DSC02948

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *