Layanan Terbaik Menjadi Prioritas Utama Karyawan UPT AGROTECHNOPARK

Pada minggu pagi 16 Juli 2017, UPT Agrotechnopark Universitas Jember menyelenggarakan pelatihan internal karyawan yang bertema Peningkatan Wawasan dan Keterampilan Karyawan Sebagai Upaya Memperbaiki Kualitas Layanan UPT Agrotechnopark Universitas Jember. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Jember, Drs. Wachju Subchan, M.S., Ph.D. diikuti sebanyak 40 peserta. Pemateri pada kegiatan ini adalah Ir. Syuhadak, M.M (Purna Tugas Manajer Wilayah IV PTPN XII) dan Drs. Agung Purwanto, M.Si (Kepala Humas dan Protokoler Universitas Jember)

Kegiatan pelatihan diawali dengan pelatihan Management Pertanian dan Perkebunan oleh Ir. Syuhadak, M.M, yang mengajak peserta pelatihan untuk bersama-sama fokus dalam bekerja sesuai KTP (Kebersamaan, Tanggung Jawab, Peduli/Peka). Syuhadak mengajak peserta untuk lebih peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya, bertanggung jawab pada pekerjaan dan tetap saling menjaga kerja sama antara pimpinan dan karyawan. Pada sesi praktek, beliau menularkan pengalamannya dalam mengelola tanaman tahunan dan tanaman semusim.

Sebagai lanjutan, sesi pelatihan lainnya adalah Customer Relation, dengan pemateri Drs. Agung Purwanto, M.Si. Menurut Agung, Customer Relation bertujuan untuk mengajarkan pada peserta bagaimana menangani pengunjung atau tamu yang akan atau sedang berkunjung. Lebih ke arah bagaimana karyawan atau staff mampu berkomunikasi dengan pengunjung atau tamu dengan memahami maksud dan tujuan para pengunjung atau tamu, karena banyak karyawan menggunakan cara komunikasi yang biasa saja dan kurang menarik minat pengunjung dan tamu. Dengan mempelajari teknik berkomunikasi maka kita dapat mengubah  gaya komunikasi yang lebih efektif, sehingga memacu produktivitas karyawan.” ungkap Agung.

Di sisi lain, salah satu peserta dari pelatihan ini, Ariestya Ayu Meda yang selama ini bertugas sebagai customer handling di UPT Agrotechnopark Universitas Jember, menyambut baik kegiatan internal ini.

“Pelatihan ini sa­ngat bermanfaat untuk mengem­bangkan pengetahuan saya. Seperti pelatihan Customer Relation, kini saya menjadi tahu dan paham seperti apa cara menangani pengunjung atau tamu serta menarik  minat masyarakat untuk berkunjung ke Kebun Agrotechnopark. Secara keseluruhan, materi pelatihan yang diberikan juga sangat aplikatif dan akan membantu saya untuk terus membantu memajukan UPT Agrotechnopark. Kedepannya, UPT Agrotechnopark sebaiknya untuk lebih sering mengadakan pelatihan-pelatihan bagi karyawannya, terutama pelatihan teknis” jelas Ayu.

Sebagai salah satu ikon Universitas Jember, UPT Agrotechnopark menyadari bahwa rasa ingin tahu dari para karyawan harus disalurkan dengan cara yang baik dan cara berkesinambungan. Oleh karena itu UPT Agrotechnopark akan melaksanakan pelatihan lainnya bagi karyawan serta masyarakat umum dalam waktu dekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *